Posts

Seberapa penting sih Resolusi itu?

Image
Sebelumnya saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2020, Semoga Tuhan Senantiasa Melimpahkan Beribu Kebaikan dan Kesejahteraan Kepada Kita Semua".


Meskipun agak mendahului beberapa jam ya wkwk, tapi gapapa. Oh iya, kegiatan apa nih yang menemani mu dimalam pergantian tahun ini?

Kalau saya sih, cuman dirumah aja. Hujan rintik malam ini, bikin mager keluar wkwk.

Apapun yang kamu lakukan, ingat semua orang berhak menikmati malam pergantian tahun, bukan cuman kamu. Jadi, jangan sampai kegiatan yang kamu lakukan malam ini merugikan pihak lain ya.

Oh iya, Apakah setiap berganti tahun kamu sering disibukkan dengan tradisi menulis resolusi? Ini bagus, tapi sebentar. Apakah resolusi tahun ini sudah terpenuhi?

Simpan dulu jawaban mu, saya ingin bercerita beberapa kalimat keluhan yang sering saya dengar dan lihat beberapa hari ini.

"Aduh, resolusi gw belum gw tulis lagi"
"Besok gw gabisa main, harus nulis resolusi"
"Resolusi tahun ini gagal, tahun besok harus berhasil"
&…

Teknik Feynman, Teknik Untuk Belajar Lebih Efektif

Image
Pernah gak sih kamu ngerasa udah sangat memahami sebuah materi pelajaran tertentu? misalkan mengenai Sindrom Munchausen dalam kajian Psikologi.

Tetapi ketika disuruh menjelaskan kepada orang lain, eh malah langsung ngeblank seolah-olah materi itu hilang dari otak kita.

Seseorang yang mengaku sudah menguasai sebuah materi, seharusnya mampu menjelaskan materi yang ia pahami itu kepada orang lain.

Sesekali waktu okelah mungkin kurang konsentrasi dan fokus, tetapi jika hal ini terjadi beberapa kali? malah membuat orang tersebut jadi malas belajar, karena merasa apa yang dilakukan sia-sia.

Apakah kamu pernah berada diposisi itu?

Jika kamu pernah atau sedang berada dalam posisi itu, berarti cara belajar kamu masih belum efektif.

Kamu gak usah sedih, karena pada faktanya banyak anak-anak bangsa Indonesia yang mengalami hal serupa dengan yang kamu alami.

Menurut survei yang dilakukan Zenius Education Center, "metode pembelajaran yang tidak efektif dan membosankan membuat murid jadi malas bel…